5 Tips Memilih Jasa Sewa Mobil Di Jogja

5 Tips Memilih Jasa Sewa Mobil Di Jogja

Untuk anda yang suka jalan – jalan tapi tidak punya kendaraan, solusinya anda bisa menyewa kendaraan pribadi di tempat wisata yang anda kunjungi. Untuk itu kali ini kita akan pergi ke Jogjakarta yang terkenal dengan tempat wisatanya dan juga  historical place nya.

Namun sebelum  anda memilih untuk menggunakan jasa sewa mobil jogja anda harus terlebih dahulu memperhatikan beberapa tips berikut ini, karena akan mempermudah anda dalam memilih bagaimana jasa rental mobil yang bagus di Jogja.

1. Perusahaan

Layanan penyewaan mobil di Indonesia biasanya dijalankan langsung oleh pemiliknya. Ini memberi Anda kesempatan untuk menegosiasikan harga yang lebih murah jika Anda akan menyewa mobil untuk jangka waktu yang lebih lama (lebih dari seminggu), Anda sering menyewa mobil di sana, atau Anda mengenal pemiliknya dengan baik.

2. Mobil

Daihatsu Xenia 1.0 dan city car lainnya (1000 cc atau kurang) cukup bagus untuk city touring. Tapi jika Anda berencana melakukan perjalanan ke daerah dataran tinggi atau pegunungan (seperti Kaliurang dan Kaliadem) atau pantai di Gunung Kidul, maka Anda memerlukan mobil yang lebih bertenaga (1500 cc) agar bisa melakukan perjalanan yang lebih menyenangkan. Jika ingin berkunjung ke Dieng Plateu, Candi Cetho, atau Tawangmangu di Jawa Tengah, Anda disarankan menyewa mobil diesel atau mobil 2500 cc.

Baca juga : sewa moil jogja matic ke angkringan

3. Biaya sewa

Biaya sewa mobil di Yogyakarta tidak rumit, mudah saja. Ini hanya mencakup komponen dasar: biaya sewa. Penyewa akan bertanggung jawab atas biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan seperti tiket parkir, tiket tol, dan sebagainya.

4. Bahan bakar

Dalam pengalaman kami, akan menghemat lebih banyak uang jika Anda menyewa mobil tanpa biaya bahan bakar karena Anda bisa mengisi tangki bahan bakar berdasarkan kebutuhan. Mobil MPV kelas (Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki APV) biasanya mengonsumsi 1 liter bensin untuk jarak 10 kilometer, jadi Anda hanya perlu mengisi tangki hingga 20 liter untuk berkeliling Kota Jogja sepanjang hari atau pergi ke Candi Borobudur (42 kilometer). Harga bensin untuk SPBU Pertamina sekitar Rp 6.700 / liter.

catatan: Kebutuhan bahan bakar tergantung dari jarak dan rasio kompresi mobil.

5. Sopir

Banyak situs perjalanan merekomendasikan menyewa mobil dengan supir jika Anda melakukan perjalanan ke Yogyakarta. Lalu lintas berjalan agak sedikit macet dan ramai. Anda akan menikmati perjalanan anda jika menyewa mobil dengan supir. Biaya untuk pengemudi di Yogyakarta hanya IDR 75.000 – Rp 100.000 per 12 jam, jadi Anda bisa memberinya tip tambahan jika Anda puas.

Jika Anda menyewa mobil dan supir, Anda harus membayar makanannya. Saat makan siang atau makan malam, Anda harus meminta sopir untuk beristirahat untuk makan. Pengemudi yang berpengalaman terkadang bisa menunjukkan restoran yang bagus (murah juga) di sekitar area ini.

Terutama pada hari Jumat, Anda perlu bertanya apakah pengemudi membutuhkan waktu ekstra untuk sholat Jum’at (pukul 12.00 – 12.45)

Jika Anda pergi ke luar kota dan harus bermalam, jadi Anda harus menyediakan kamar atau memberi sejumlah uang untuk biaya kamar kepada pengemudi. Jumlahnya biasanya tentatif, sesuai kesepakatan (biasanya Rp 100.000 / malam).

Selain itu pula sewa mobil avanza tanpa sopir juga bagus untuk anda gunakan, karena memang merupakan primadona bagi orang yang suka rental mobil di kota manapun di Indonesia. Oke selamat liburan semoga menyenangkan.

Leave a comment